Pantai ini berada tidak jauh dari pantai Parangtritis tepatnya berada disebelah timur pantai parangtritis. Asal muasal Parang endog menurut cerita pada dulunya ditempat ini ditemukan banyak batu dengan bentuk menyerupai telur (dalam bahasa Jawa disebut Endog). Dan juga karena banyaknya batu karang yang menjorok kelaut yang orang sekitar sering menyebutnya parang, maka jadilah pantai ini disebut parang endog.  Pantai Parangendog ini berbeda dengan pantai-pantai lain yang berada di Kabupaten Bantul. Tidak semua pantai dihiasi dengan karang-karang yang indah, beda halnya dengan pantai parang endog. Di pantai ini terdapat banyak sekali hamparan karang yang sangat indah, belum lagi tempat ini sangat pas untuk melihat peristiwa tenggelamnya matahari (sunset).

Selain itu terdapat juga bukit karang yang berada disekitaran pantai tersebut, pemandangan diatas bukit karang tersebut sangatlah indah karena dapat melihat pantai secara keseluruhan. Secara umum keberadaan pantai ini sangat bagus, hanya keberadaannya kalah tenar dengan nama parangtritis sehingga nama pantai ini lepas dari pengamatan kita dan tidak banyak orang yang mencari keberadaannya.

Parang Endog

Parang Endog

Tidak hanya pantai yang menyajikan keindahan panorama disini. Terdapat pula air terjun yang banyak disebut oleh para pengunjung air terjun parangtritis tetapi ada juga yang menyebutnya air terjun parang endog, terletak di bagian timur dari Pantai Parangtritis, dekat dengan deretan tebing-tebing.  Untuk sampai ke lokasi, Anda dapat berjalanan kaki atau jika anda lelah, bisa menyewa jasa bendi maupun jasa kuda. Air terjun ini berasal dari aliran sungai yang berasal dari perbukitan karst, di mana debit air hanya ada ketika musim penghujan tiba.

Jika musim kemarau jangan harap dapat menemukan air terjun ini, yang ada Anda hanya menemukan bongkahan-bongkahan batu karang khas daerah perbukitan karst. Anda pun dapat menikmati aliran air terjun yang terasa tawar di antara hamparan pasir pantai yang luas serta aliran ombak yang memiliki air yang terasa asin.

Untuk mengujungi Pantai parangendog ini anda harus melewati pintu masuk pantai parangtritis terlebih dahulu dengan membayar di loket retribusi kurang lebih Rp. 5.000,-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *