Jembatan Sayidan, Gerbang Masuk Kawasan Kraton

Jembatan Sayidan merupakan salah satu dari beberapa jembatan yang dibangun di kawasan kota Yogyakarta. Tidak banyak yang tahu bahwa sebelum Jembatan Sayidan terkenal berkat para seniman, Jembatan Sayidan yang membelah aliran Sungai Code memiliki kaitan erat dengan wilayah Kraton Yogyakarta. Fungsi utamanya sebagai gerbang masuk kawasan ibukota Kraton Yogyakarta. Hal itu dibuktikan dengan keberadaan gapura bentar yang berada di sebelah barat Jembatan Sayidan pada sisi kiri dan kanan jalan.

Keberadaan Jembatan Sayidan sebagai pintu masuk menuju kawasan ibukota Kraton Yogyakarta dari arah timur, sedangkan Jembatan Serangan dari arah barat. Fungsi tersebut perlahan-lahan pudar setelah Kraton Yogyakarta bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan pembangunan jembatan-jembatan baru di sepanjang aliran Sungai Code.

Di tepi jembatan terdapat sebuah papan berwarna biru dengan tulisan “Jembatan Sayidan” yang cukup jelas dibaca dari kejauhan dan sepertinya baru ditemukan di Yogyakarta selain Jembatan Serangan. Banyaknya simbol yang memperkuat nama Jembatan Sayidan memberikan pesan bahwa jembatan ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Meskipun beberapa pengunjung datang ke jembatan ini hanya sekedar berhenti sejenak dan berfoto-foto, setidaknya jembatan ini kembali ramai dan mendapat perhatian. Buku-buku sejarah pun sangat minim membahas sejarah keberadaan jembatan ini. Tidak ada yang tahu nasib Jembatan Sayidan kedepannya, namun yang pasti semakin hari semakin banyak kendaraan yang melewati Jembatan Sayidan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *